Monday, December 31, 2012

Dongeng Sebelum Tidur

at 8:55 PM
Gambar dari sini


Awal-awal Cenna kenal buku dan gambar, saya merasa bakal butuh banyak buku untuk dijadikan bahan cerita. Benar saja, sebagai ibu yang masih newbie, saya nggak serta merta langsung jago mendongeng tanpa menggunakan buku. Kalau ada buku, saya jadi bisa menceritakan sesuatu sembari menunjukkan gambarnya. Tapi ternyata, bercerita dengan metode ini kurang mumpuni untuk menidurkan Cenna. 
So, tiga bulan terakhir ini saya belajar mengarang dongeng. Ceritanya simple. Kadang terinspirasi dari video, dari cerita jaman kecil dulu, dari buku, dari kehidupan sehari-hari, dan lain-lain.
Daaaan, taraaaa! Bagai disihir, Cenna bisa langsung tertidur.
Biar dongengnya semangat, bikin cerita yang seru di awal. Biasanya Cenna ikut memperagakan bagaimana seekor katak melompat, kelinci berlari, atau jago berkukuruyuk. :))
Memasuki judul kedua, cerita dibuat lebih slow. Nggak sampai dua judul, mata Cenna sudah terpejam.
Semudah itu! Hehehe...

Tahu sih, bahwa mendongeng itu banyak manfaatnya. Salah satunya, untuk kecerdasan anak. Salah duanya, untuk mempererat hubungan anak dengan orang tua. Salah tiganya, untuk mengasah imajinasi anak. Dan masih banyak lagi manfaat dari mendongeng.

Saya copy-paste saja yah, manfaat mendongeng dari website bidanku.com :  
Mengembangkan Daya Imajinasi AnakPerlu kita ketahui bahwa dunia anak adalah dunia imajinasi. Jadi anak mempunyai dunianya sendiri dan tak jarang mereka berbicara denga teman khayalannya. Dengan daya imajinasi yang masih sangat bagus ini, maka kita sebagai orang tua harus bisa mengarahkannya kearah yang positif dan tetap terkontrol. Dengan dongeng anak-anak maka inilah cara terbaik untuk mengarahkan mereka kearah yang baik.
Meningkatkan Keterampilan dalam BerbahasaDongeng merupakan stimulasi dini yang mampu merangsang keterampilan berbahasa pada anak-anak. Perlu kita ketahui bahwa cerita dongeng anak-anak mampu merangsang anak-anak terutama anak perempuan dalam meningkatkan keterampilan berbahasa mereka. Hal ini dikarenakan anak perempuan lebih fokus dan konsentrasi daripada anak laki-laki. Kemampuan verbal adalah kemampuan awal yang dimiliki anak-anak dan inilah mengapa otak kanan mereka lebih berkembang dan ini juga yang menyebabkan mereka lebih terlatih dalam berbahasa. Kisah-kisah dongeng yang mengandung cerita positif tentang perilaku dan sebagainya membuat anak-anak menjadi lebih mudah dalam menyerap tutur kata yang sopan.
Membangkitkan Minat Baca Anak
Jika ingin memiliki anak yang mempunyai minat baca yang baik, maka mendongeng adalah jalan menuju hasil tersebut. Dengan memberikan cerita dongeng anak-anak, maka anak-anak akan tertarik dan rasa penasaran ini membuat mereka ingin mencari tahu. Inilah dimana keinginan untuk membaca menjadi semakin meningkat. Dengan membacakan buku cerita yang menarik kepada anak adalah cara paling mudah yang bisa kita lakukan.
Membangun Kecerdasan Emosional AnakMendongeng kepada anak bisa membangkitkan kecerdasan emosional mereka dan ini juga sarana hebat yang mampu merekatkan hubungan ibu dan anak. Sperti yang kita tahu bahwa anak-anak mempunyai kesulitan dalam mempelajari nilai-nilai moral dalam kehidupan. Dengan dongeng anak-anak maka kita bisa memberikan contoh melalui tokoh dalam cerita yang kita dongengkan. Dongeng anak-anak akan membangtu anak dalam menyerap nilai-nilai emosional pada sesama. Tidak bisa dipungkiri bahwa kecerdasan emosional juga penting disamping kecerdasan kognitif. Kecerdasan emosional sangat penting bagi kehidupan sosial mereka kelak.
Membentuk Rasa Empati Anak
Melalui stimulasi cerita dongeng anak, kepekaan anak pada usia 3-7 tahun akan dirangsang mengenai situasai sosial disekitar mereka. Dengan metode dongeng untuk anak ini maka mereka akan belajar berempati terhadap lingkungan sekitar. Stimulasi yang akan lebih berhasil adalah dengan merangsang indera pendengarannya. Penting bagi kita memberikan stimulasi ini untuk memberikan mereka bekal yang baik untuk masa depannya. Dengan cerita-cerita dongeng yang mendidik, maka anak akan dengan mudah menyerap nilai positif yang akan menjadikan mereka anak yang berempati dengan orang lain. 
Nah, banyak kan?
Sepertinya, salah satu resolusi saya di tahun baru 2013 ini adalah membuat list dongeng untuk Cenna. Mungkin nanti ada waktunya saya bikin dongeng bersambung.. Trus pada saat yang tepat saya harus sudah bisa memulai cerita tentang malaikat, nabi, dan lain-lain. Awww, seru kali yah, dongengin anak yang udah pinter ngomong? Pasti banyak nanya. Ayok, Cenna, cepet pinterrr... :)

Postingannya nggak disengaja sama tahun baru kok. Ini disambung-sambungin aja bikin resolusi 2013. Resolusi lainnya? Ada deeeeehhh... :P

0 comment:

Post a Comment

 

Cerita Kita Copyright © 2011 Design by Ipietoon Blogger Template | Make Money from Zazzle|web hosting